Gereja Pentakosta Indonesia (GPI)
Akan Adakan Jambore Nasional Pada 12-15 April 2018 di Samosir

419 dibaca
Ketua Umum Panitia Pdt. Dr. Ir. Douglas Manurung, MBA., M.Si.

BERITANARWASTU.COM.Sinode Gereja Pentakosta Indonesia (GPI) yang berkantor pusat di Pematang Siantar, Sumatera Utara (Sumut), akan mengadakan Jambore dan Pesparawi Tingkat Nasional pada 12-15 April 2018.  Kegiatan nasional ini akan diadakan di Pantai Tanda Rabun, Pulau Samosir, Sumatera Utara, yang diperkirakan akan dihadiri oleh 2.000 orang pemuda dari 25 provinsi di seluruh Indonesia.  Menurut Ketua Umum Panitia Pdt. Dr. Ir. Douglas Manurung, MBA., M.Si. kepada Majalah NARWASTU, tujuan dari penyelenggaraan kegiatan nasional ini adalah untuk untuk mempersiapkan pemuda-pemudi Gereja Pentakosta Indonesia menjadi generasi penggerak pembangunan bangsa Indonesia yang takut akan Tuhan dan siap melayani.

           Kepanitiaaan lengkap sudah terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Gereja Pentakosta Indonesia Nomor: 009/P.GPI/SK/III/2017 tentang Susunan Panitia Jambore dan Pesparawi Nasional Pemuda Gereja Pentakosta Indonesia Tahun 2018 yang ditandatangani oleh Ketua GPI Rev. Dr. M.H. Siburian, M.Min dan Sekjen GPI Pdt. Drs. J. Manurung, M.Th. Gereja Pentakosta Indonesia adalah satu gereja yang besar dan berpengaruh, dan dengan usia pelayanan yang sudah memasuki tahun ke-75, penyebaran gereja sudah mencakup 25 provinsi dan menyebar dari Provinsi Aceh sampai Papua. Bahkan beberapa gereja di negara tetangga, seperti  Malaysia, yaitu di Kuala Lumpur, Penang dan Johor.

Jambore nasional kali ini merupakan jambore ketiga yang diadakan oleh Gereja Pentakosta Indonesia dan mengambil tema “Aku Pentakosta, Aku Indonesia.” Diharapkan dengan tumbuhnya rasa kebanggaan ini, pemuda Pentakosta akan tetap memiliki semangat yang tinggi sebagai bagian dari bangsa Indonesia untuk mengedepankan keteladanan sebagai anak Tuhan untuk membangun Indonesia yang bersatu, adil, makmur dan bermartabat.  Ada banyak anak-anak Pentakosta (GPI) yang sudah berkiprah dan menunjukkan kualitasnya dalam turut serta membangun Indonesia, baik di tingkat lokal, maupun di tingkat nasional. Diharapkan kuantitas dan kualitas ini akan semakin meningkat, seiring dengan pembinaan yang terus dilakukan oleh pengurus gereja, baik di wilayah maupun di tingkat pusat.

Ketua Umum Panitia, Pdt. Dr. Douglas Manurung, yang didampingi oleh Ketua Departemen Pemuda GPI, Pdt. Dr. Akdel Parhusip, dan Sekretaris Umum St. Ardiko Hutauruk, S.T., menyampaikan bahwa sebagai keynote speaker, panitia akan menghadirkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI ), Puan Maharani, yang akan menyampaikan pidato kebangsaan yang diharapkan memberikan satu semangat baru berkebangsaan yang dapat menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap bangsa dan Tanah Air Indonesia. 

Pembicara lainnya yang direncanakan akan diundang adalah Ketua Gereja Pentakosta Indonesia, Rev. Dr. M.H. Siburian, M.Th., Sekjen GPI Pdt. Drs. J. Manurung, M.Th, dan pembicara lainnya, baik dari internal Gereja Pentakosta Indonesia, maupun dari luar Gereja Pentakosta Indonesia, seperti Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI), Oesman Sapta Odang, dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen (Pol.) Drs. Heru Winarko, S.H.

Acara ini juga akan dihadiri Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, serta Bupati Samosir  Rapidin Simbolon dan keenam bupati kabupaten yang ada di kawasan Danau Toba. Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan sepenuhnya di Kabupaten Samosir ini diharapkan akan semakin mempererat kesatuan antarpemuda Pentakosta GPI dari seluruh Indonesia, dan menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap kemajuan pelayanan gereja ini. 

Adapun kegiatan-kegiatan pada jambore ini meliputi pertandingan dan perlombaan olah raga, seperti sepak bola pantai, bola voli pantai, tenis meja, badminton, catur, tarik tambang, dan tarik tambang perahu/solu serta perlombaan seni berkhotbah. Di samping itu, akan dilaksanakan festival pesparawi (festival paduan suara) antarwilayah, penanaman seribu pohon dan kunjungan ke tempat-tempat wisata di Pulau Samosir, yang akan difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Samosir. Kegiatan lainnya adalah seminar, pelatihan kewirausahaan, malam kembang api serta ibadah penutup yang akan dipimpin oleh Ketua Gereja Pentakosta Indonesia, Rev.  M.H. Siburian. HM

Berita Terkait