BPK Penabur Jakarta Adakan Chess In School Festival 2019

69 dibaca
BPK Penabur Jakarta mengadakan Chess In School Festival 2019 di Aula SMAK Penabur Jakarta, pada Sabtu 12 Januari 2019 lalu.

Beritanarwastu.com. BPK Penabur Jakarta mengadakan Chess In School Festival 2019 di Aula SMAK Penabur Jakarta, pada Sabtu 12 Januari 2019 lalu. Turnamen yang bekerjasama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) itu dibagi dalam dua kelompok, yakni beregu dan perorangan. Diikuti oleh 274 peserta didik mulai dari jenjang SDK, SMPK dan SLTAK Penabur Jakarta. Olahraga yang mengandalkan kejelian strategi dan melatih otak kanan itu, telah sejak lama menjadi salah satu ekskul yang diminati oleh para siswa BPK Penabur, dan dilatih langsung oleh guru-guru yang pakar di bidang itu.

“Siswa BPK Penabur Jakarta yang berjumlah kurang lebih 32 ribu siswa itu, memiliki 1 persen saja bakat catur sudah bagus. Dan jika hal itu disia-siakan akan sayang rasanya. Maka kami mengadakan turnamen ini guna membantu pemerintah untuk mendapatkan bibit-bibit unggul catur ke depannya,” terang Ketua BPK Penabur Jakarta, Ir. Antono Yuwono.

 

  

 

 Hal senada diungkapkan Elika Dwi Murwani (Deputi Direktur Pelaksana BPK Penabur Jakarta). Menurutnya, Chess in School justru menjadi ajang untuk mengasah jati diri para siswa untuk mengalahkan diri sendiri. “Melalui kegiatan catur di sekolah, siswa-siswi dapat mengembangkan kemampuan dan bakat, lebih berpikir strategis, disiplin, menguasai diri, serta melatih mental dalam berkompetisi,” jelasnya. Dalam kesempatan itu,  sejumlah juara catur dunia juga akan menampilkan kehebatan mereka, seperti Utut Adianto, Susanto Megaranto (Grandmaster/GM), Sean Winhand Cuhendi, Taufik Halay (International Master/IM), Irine Kharisma Sukandar (International Master/IM & Woman Grandmaster/WGM), dan Samantha Edithso (Women FIDE Master/WFM) dari SMPK Penabur Bandung.

Juga Christine Elisabeth (Women FIDE Master/WFM) alumni SDK Penabur Gading Serpong, Cecilia Natalie Liuvian (Master Percasi Wanita/MPW) dari SMPK Penabur Paledang Bogor, serta Jonathan Anthony (Juara I Catur) di Pekan Olahraga Provinsi Banten 2018 dari SMAK Penabur Gading Serpong, Banten. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat melahirkan generasi milenial yang siap  bertanding di kancah dunia, dan dapat membanggakan Indonesia. Sebab, catur menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Sea Games 2019 di Manila. BTY

Berita Terkait