Gerak Jalan Lintas Pemeluk Agama di CFD Serukan Pemilu Damai

117 dibaca
Peserta gerak jalan lintas agama dari PGI.

Beritanarwastu.com. Perwakilan dari lembaga-lembaga lintas agama, seperti Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), dan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin), bersama Kementerian Agama RI melakukan gerak jalan untuk menyambut Pemilihan Umum 2019. Gerak jalan dilakukan pada Car Free Day (CFD) di  Jakarta Pusat, pada Minggu, 21 Oktober 2018.

Dalam rute gerak jalan, terdapat 8 titik simbolis di setiap 400 meter. Titik-titik itu melambangkan setiap bulan menjelang Pemilihan Umum 2019. Di titik finish, yakni 17 April 2019, para tokoh agama bersama-sama menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa, dan Bagimu Negeri. “Tak hanya karena kehadiran Ketua KPU dan Bawaslu, tapi menghadapi agenda nasional pemilu Pilpres dan Pileg 2018, dengan penuh kedamaian,” kata Menteri Agama RI, Dr. Lukman Hakim Saifuddin di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, saat itu.

Melalui kegiatan yang mengangkat tema “Kerukunan Umat Beragama” ini, Lukman berharap agar seluruh masyarakat dapat menciptakan suasana yang sama dalam berpolitik. “Keragaman yang muncul itu pada hakikatnya punya tujuan yang sama, supaya negara bangsa semakin berkualitas. Saya berharap itu dimaknai secara positif, sehingga kita terhindar dari upaya yang saling meniadakan antara kita,” ujarnya.

Gerak jalan lintas agama ini juga melibatkan 6.000 umat Buddha Niciren Syosyu Indonesia (NSI), dan 2.000 umat beragama lainnya. Selain itu, ada 20 komunitas beragama seperti umat Buddha di Indonesia (WALUBI dan PERMABUDHI). FRR

Berita Terkait