Ibadah Natal Keluarga Besar Toga Aritonang se-Jabodetabek

2438 dibaca
Suasana acara ibadah Natal keluarga besar Toga Aritonang se-Jabodetabek.

                BERITANARWASTU.COM. Keluarga besar Toga Aritonang se-Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), yang di dalamnya terhimpun marga Ompusunggu, Rajagukguk dan Simaremare yang asal Sumatera Utara, pada Minggu, 18 Desember 2016 lalu mengadakan ibadah Natal dengan tema “Karena itu sempurnakanlah sukacitaku ini, hendaklah kamu sehati sepikir dalam satu kasih, satu jiwa dan satu tujuan” di Gedung Sopo Marpingkir, Jakarta Timur. Dan sub tema “Dengan semangat Natal marilah kita bersama bergandengan tangan untuk mempersatukan Pomparan (keturunan) Toga Aritonang dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.”

                Acara yang dipimpin ketua panitia Buha Aritonang, dan dimotori Ketua Pemuda Aritonang se-Jabodetabek, Syarwan L. Aritonang ini berlangsung khusuk dan lancar. Dan lebih dari 1.000 orang undangan hadir, termasuk hadir Ketua Umum Toga Aritonang se-Dunia Irjen Pol. (Purn.) Edward Aritonang, yang mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri, dan Ketua Umum Toga Aritonang se-Jabodetabek, Drs. M.R. Rajagukguk. Acara diawali kebaktian dengan pengkhotbah Pdt. David Rajagukguk, S.Th dari HKBP Pejuang, Kota Bekasi.

                Pdt. David dalam khotbahnya menyampaikan, kalau sebuah komunitas hidup dengan sehati sepikir dan satu kasih, maka Yesus akan melihat kebersamaan itu lalu memberkatinya, dan Dia dimuliakan. Orang Batak Kristen itu, kata Pdt. David, mesti sehati sepikir agar bisa bersinar di tengah masyarakat dan jadi berkat bagi bangsa. Kesatuan hati para pemuka Aritonang dalam mengadakan ibadah Natal ini, katanya, luar biasa, apalagi sudah ada pula tugu dibangun di Sumatera Utara. Dan ini awal yang baik untuk membangun persaudaraan.

 

  

 

                Sedangkan M.R. Rajagukguk yang juga Ketua Dewan Penasihat dan Adat Punguan Rajagukguk se-Jabodetabek dalam sambutannya menyampaikan, acara Natal ini bersejarah. Lantaran setelah 43 tahun lamanya, baru Toga Aritonang kembali bersatu. Dan wadah paguyuban Toga Aritonang, katanya, dideklarasikan di Batam pada 17 Januari 2016 lalu. “Aritonang sada do hita (kita bersatu),” tegasnya. Menurutnya, kaum muda yang memotori acara ini. Dan M.R. Rajagukguk memberi apresiasi yang tinggi terhadap jerih payah kaum muda Toga Aritonang yang cukup antusias menyukseskan acara Natal ini.

                Irjen Pol. (Purn.) Edward Aritonang dalam sambutannya pun mengatakan, bangga dan senang dengan acara Natal kali ini. “Kita bersatu di Toga Aritonang agar bisa ikut membangun bangsa ini dan supaya bisa mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang ada. Dan kita harus ikut mendukung pembangunan kawasan Danau Toba yang kini digaungkan pemerintah agar semakin maju. Dan momentum Natal ini kita harapkan menjadi awal kita untuk bersatu dan bersama-sama,” paparnya. Seusai ibadah dirangkai dengan makan siang bersama, dan dilanjutkan hiburan dengan lagu-lagu gerejawi dan lagu Batak serta manortor (menari) oleh kaum muda. LT 

Berita Terkait