Kongres Pastoral Asia Pasific 2017 akan Diadakan di Jakarta

693 dibaca
Jumpa pers soal Kongres Pastoral Asia Pasific 2017 di Jakarta.

 BERITANARWASTU.COM. Asosiasi Pastoral Indonesia (API) akan menggelar “The 2017 Asia Pasific Conggress on Pastoral Care and Counselling (APCPCC)” di Hotel Mercure, Jakarta, pada 19-22 September 2017 mendatang. Kongres yang akan dihadiri oleh perwakilan aktivis dan pelayan gereja dari sejumlah negara itu akan membahas tentang kekerasan yang terus mewabah di hampir semua belahan dunia, melalui aksi-aksi teroris.  

“Melalui kongres dan pelayanan pastoral lainnya, diharapkan ada peningkatan kepedulian orang terhadap permasalahan yang ada dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan lingkungan hidup,” jelas Pdt. Dr. Daniel Susanto, M.Th yang merupakan Ketua Umum Pengurus Pusat Asosiasi Pastoral Indonesia dalam acara jumpa pers di Gereja GPIB Paulus, Jakarta, pada Sabtu, 8 Oktober 2016 lalu.

Kongres yang diadakan empat tahun sekali dan menargetkan 500 peserta itu, dibagi dalam tiga bidang utama, yaitu pelayanan pastoral dan kekerasan terhadap anak dan perempuan/keluarga, pelayanan dan kekerasan terhadap masyarakat/politik, pelayanan pastoral dan kekerasan terhadap lingkungan hidup. Dari kongres ini,   diharapkan menimbulkan kepedulian yang akan meningkatkan pelayanan pastoral dengan memberdayakan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Juga diharapkan ada kerjasama untuk meningkatkan kompetensi masing-masing lembaga dan melengkapi para pelayanan pastoral di masing-masing negara.

Sebagai pembicara dalam kongres ini, selain Pdt. Daniel Susanto (Dosen Pasca Sarjana di sejumlah STT dan Ketua Umum API), Rev. Prof. Dr. Emmanuel Y. Lartey (Dosen di  Emory University, ATL, USA dan mantan Presiden ICPCC), Pdt. Jahariason Saragih, S.Th., M.Sc., Ph.D. (Dosen STT Abdi Sabda dan mantan Ephorus GKPS, Medan), Rev. Prof. Dr. Takaaki David Ito (Dosen di Sophia University, Japan, dan Presiden ICPCC dan APCPCC), Prof. Dr. J.B. G. Banawiratma (Dosen  di Universitas Duta Wacana, Yogyakarta), dan Dr. Rabecca Young (Melayani di Morroco-Africa Mission, Presbyterian Church, Vreemon-USA).

Juga ikut sebagai pembicara Dr. A. Sonny Keraf (Mantan Menteri Lingkungan Hidup RI dan dosen Unika Atmajaya, Jakarta). Diadakan pula workshop dan FGD yang terbuka bagi setiap pekerja, dan ada pelayanan pastoral. Panitia akan melakukan seleksi terhadap abstrak makalah yang dikirimkan ke panitia paling lambat 31 Desember 2016 mendatang, dan untuk informasi selanjutnya bisa dilihat di website: www.2017apac-pcc-con.orgBTY

Berita Terkait