Manson Sinaga Camat yang Terpanggil Melayani Masyarakat

160 dibaca
Manson Sinaga. Peduli masyarakat.

Beritanarwastu.com. Berprofesi sebagai camat di Kelapa Gading, Jakarta Utara, merupakan panggilan hidupnya. Dedikasi dan pengabdiannya dipenuhi melalui kerja nyata yang tidak kenal lelah. Menghabiskan waktu dengan blusukan ke warga untuk berinteraksi langsung,  agar persoalan yang dihadapi mereka dapat segera diselesaikannya. Bagi Manson Sinaga, kesuksesan adalah melayani masyarakat dengan sepenuh hati, selaras dengan apa yang telah ditetapkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

 Menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) dan sempat ditugaskan di daerah perbatasan Kalimantan beberapa tahun, Manson Sinaga akhirnya duduk sebagai camat di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Baginya, apapun jabatan yang dipercayakan kepadanya tidak berdasarkan bergengsi atau tidak. Tapi, jabatan sebagai abdi negara adalah untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat melalui otoritas/kewenangan dan kebijakan yang ada padanya.  Demi menunjang tugas dan tanggung jawab yang ada selain diperlukan sebuah kompetensi dasar, juga mesti menguasai bidang pemerintahan, dan itu meliputi administrasi, manajemen, birokrasi, sosiologi dan lain-lain. “Intinya selain kompetensi yang dibutuhkan untuk mendukung kinerja seorang camat, juga kepemimpinan. Mengapa, sebab dia bukan hanya seorang pemimpin birokrasi, tapi juga sebagai pemimpin masyarakat. Maka seorang camat harus punya jiwa kepemimpinan karena tugasnya menangani aparatur dan wilayah seperti masyarakat, potensi-potensi yang ada, golongan  dan lain sebagainya,” jelas anggota jemaat Gereja HKBP Jatiwaringin, Kota Bekasi ini.

 Selain harus memiliki jiwa kepemimpinan, cetus Manson, keteladanan merupakan hal yang wajib dimiliki dan dipratikkan kepada para perangkat dan anak buahnya. Menurutnya, seorang camat tidak akan mampu melakukan tugasnya sendirian, melainkan membutuhkan juga jaringan, relasi, stake holder seperti instansi pemerintah, swasta dan kelompok-kelompok masyarakat. “Konsep pembangunan sekarang bagaimana dapat mensinergikan swasta, pemerintah dan masyarakat secara terpadu agar dapat melakukan pembinaan kemasyarakatan,” tukasnya.

 Demi memberikan pelayanan yang maksimal, tidak hanya di hari kerja, kadang kala waktu libur pun ia tetap masuk kerja. Atau dengan kata lain, camat punya tanggung jawab pekerjaan selama 24 jam dalam satu hari, dan 7 hari dalam seminggu. Hal itu dikarenakan ia memiliki tugas kewilayahan, sehingga porsi dan pelaksanaannya lebih banyak kerjaan di lapangan daripada di kantor. Ia beruntung, istri dan anaknya mengerti akan kondisi itu. Bahkan, mereka sangat mendukung karier Manson.

Bersinergi satu dengan yang lain menjadi sebuah kekuatan demi mencapai pelayanan yang memuaskan untuk masyarakat. Kendati demikian, bukan berarti proses yang berjalan di lapangan itu tanpa kendala. Manson mengatakan, kendala walaupun tetap ada, akan tetapi tim kerja tetap berjalan baik dan solid. Kalau pun ada kendala lebih kepada pelaksanaan tugas. “Birokrasi tugas itu ada jenjangnya, dan tentu saja memiliki masing-masing hambatan dan harus diselesaikan segera. Tapi, karena kewenangan terbatas, sehingga demikian kita tidak bisa mengambil kebijakan dan keputusan karena kewenangan itu ada di instansi lain atau birokrasi yang lebih tinggi. Sehingga kita butuh waktu untuk koordinasi dengan yang memiliki kewenangan itu,” ungkap camat berkaca mata ini semangat.

Dari kesinergian antara pihak masyarakat, swasta dan pemerintah, maka membuahkan hasil yang cukup baik. Manson menyebutkan, wilayah Kelapa Gading selama ini dikenal sebagai salah satu pusat perekonomian, perumahan dan kuliner. Artinya, wilayah tersebut adalah wilayah kelompok-kelompok swasta untuk melakukan aktivitas ekonominya. Sehingga harus saling berkoordinasi dengan mereka sebagai penataan lingkungan. Misalnya, memperbaiki saluran-saluran atau lahan-lahan tertentu yang butuh dihijaukan. Kebetulan lokasi itu di bawah Kecamatan Kelapa Gading. “Kami berkolaborasi untuk membersihkannya dengan melibatkan unsur masyarakat,” terang Manson yang berharap kesinergian antarberbagai pihak tetap terjalin dan terpelihara baik. BTY

Berita Terkait