Tokoh Pendidikan yang Layak Dapat Penghargaan dari Pemerintah

2807 dibaca
Pdt. DR. Matheus Mangentang, M.Th gigih melayani lewat bidang pendidikan.

         Beritanarwastu.com. Salah satu tujuan bangsa Indonesia seperti diamanatkan di Pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, selain melindungi segenap anak bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa bukan hanya tugas Pemerintah dan lembaga-lembaga pendidikan, namun gereja atau yayasan Kristen pun selama ini sesungguhnya telah ikut berperan mencerdaskan anak-anak bangsa ini, terutama yang ada di pedesaan. Salah satu tokoh gereja yang selama ini sudah membuktikan pengabdiannya kepada gereja, masyarakat dan bangsa adalah Pdt. DR. Matheus Mangentang, M.Th.

           Selama puluhan tahun pria berdarah Toraja yang juga pemimpin sinode gereja ini sudah berkiprah mencerdaskan anak bangsa melalui lembaga pendidikan bernama STT SETIA. Yang unik, selama ini yang dibantu STT SETIA adalah anak-anak muda yang tidak mampu secara ekonomi dari daerah-daerah, lalu kaum muda tersebut digembleng hingga beriman tangguh dan punya ilmu saat kembali mengabdi atau melayani ke tengah masyarakat.

           Pdt. Matheus Mangentang yang juga Ketua Umum Sinode Gereja Kristen Setia Indonesia (GKSI) mengatakan, visi dari STT SETIA adalah mengajar atau melayani di desa-desa seperti yang dulu dilakukan Tuhan Yesus Kristus saat turun ke dunia menyampaikan Injil. Menurut pria yang termasuk dalam "20 Tokoh Kristiani 2010 Pilihan Majalah NARWASTU" ini, STT SETIA ingin mengangkat orang yang belum terangkat, memberdayakan orang yang kurang berdaya dan mencerdaskan orang biasa dan menumbuhkan iman percaya mereka.

            Melihat kiprah STT SETIA selama ini sejatinya Pemerintah sudah selayaknya memberikan penghargaan kepada Pdt. Matheus Mangentang untuk memotivasi, lantaran ia sebagai tokoh gereja sudah melahirkan ribuan alumni dari STT SETIA yang sudah melayani di berbagai daerah di penjuru Tanah Air. KKH

Berita Terkait