Pdt. Ir. Suyapto Tandyawasesa, M.Th
“Suatu negeri yang dipelihara oleh Tuhan, Allahmu: mata Tuhan, Allahmu, tetap mengawasinya dari awal sampai akhir tahun” (Ulangan 11:12)

Penulis adalah Bendahara Umum BPS GBI, dan salah s 1046 dibaca
Pdt. Ir. Suyapto Tandyawasesa, M.Th

Beritanarwastu.com. Bagaimana pandangan Anda terhadap tahun 2014 yang sebentar lagi akan kita akhiri? Semoga tahun ini merupakan tahun yang indah di mana kita merasakan penyertaan Tuhan, yang melindungi, menjaga dan memberkati Anda sepanjang tahun. Beberapa teman saya menganggap tahun ini merupakan tahun yang sulit dan penuh pergumulan. Karena itu pula mereka khawatir tahun depan jangan-jangan akan sama lagi, atau bahkan lebih buruk dari sebelumnya.

Belum lagi ramalan-ramalan yang seolah didasarkan kepada sesuatu yang ilmiah mengenai datangnya akhir zaman di tahun 2015. Kondisi politik dan ekonomi di negara ini tidak kunjung membaik. Tahun ini ada banyak bencana menimpa berbagai belahan dunia dalam tahun 2013. Apapun ramalan atau evaluasi tahun ini, saya menyambut tahun 2015 dengan optimis, karena Tuhan sudah menjanjikan rahmatNya yang selalu baru setiap pagi (Ratapan 3:22-23).

Sebagaimana saya sampaikan dalam khotbah Natal, baru-baru ini,  kita harus selalu mempunyai pengharapan, karena kelahiran Tuhan Yesus merupakan hadiah yang akan selalu melahirkan pengharapan baru. Kita harus mengucap syukur, karena Tuhan menyediakan satu tahun lagi bagi kita untuk menyaksikan kasihNya yang besar. Selain ayat Ratapan yang tidak asing lagi bagi kita ini, ada banyak janji lainnya Tuhan sampaikan. Mari kita lihat janji Tuhan tersebut dan semoga ini bisa memperkuat langkah iman kita dalam memasuki tahun yang baru.

Lihatlah janji Tuhan yang indah ini, Suatu negeri yang dipelihara oleh Tuhan, Allahmu: mata Tuhan, Allahmu, tetap mengawasinya dari awal sampai akhir tahun” (Ulangan 11:12). Janji yang sama Tuhan berikan kepada kita dalam memasuki tahun yang baru. Kita belum melihatnya, tapi sesungguhnya apa yang disediakan Tuhan adalah tahun yang subur, melimpah susu dan madunya, tahun yang mendapat air sebanyak hujan yang turun dari langit alias tahun yang subur dan sangat menjanjikan, dan terlebih lagi Tuhan sudah berjanji untuk memelihara kita berjalan di dalamnya, mulai dari awal sampai akhir tahun.

Ini janji Tuhan yang luar biasa, yang seharusnya bisa membuat kita tidak perlu khawatir dalam melangkah memasuki tahun 2015. Kita tidak perlu khawatir kepada peristiwa-peristiwa kelam yang telah terjadi dalam tahun ini. Kita tidak perlu terikat akan hal itu, karena kita dapat melangkah maju dengan fokus yang tertuju kepada Tuhan yang sudah memberikan janjiNya. Seperti Tuhan mengawasi negeri dan umatNya dahulu, seperti itu pula Dia akan melakukannya untuk kita. MataNya pun akan senantiasa mengawasi kita, dan Dia akan berjalan bersama-sama dengan kita dari awal sampai akhir tahun.

Berita Terkait