Rusmin Lesmana
Bertobatlah, Kerajaan Sorga Sudah Datang!

1346 dibaca


Beritanarwastu.com. Yesus berkata, “Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu” (Matius 11:28). Saya percaya ayat ini sudah kita hafal dan menjadi ayat emas pada saat kita sedang lelah menghadapi kondisi hidup yang tidak menentu, letih menanti sebuah harapan yang belum terwujud, tak berdaya di dalam kemelut permasalahan, penyakit yang masih menggerogoti tubuh kita, maka teringatlah kita akan ayat ini, dan kita datang kepada Yesus.

Pertanyaan saya, apakah kalau kita tidak dalam kondisi letih lesu dan berbeban berat, maka kita tidak memerlukan Yesus? Atau mengapa kalau kita ikut Yesus masih mengalami letih lesu dan berbeban berat di dalam kehidupan kita? Bukankah Tuhan Yesus sudah memberikan kuasa buat anak-anak Tuhan untuk menginjak ular dan kalajengking dan mengusir setan? Bukankah banyak pelayan Tuhan menyatakan dirinya memiliki karunia-karunia yang spektakuler, seperti karunia penyembuhan dan bernubuat? Lalu mengapa kita masih harus mengalami keletihan dan beban, bahkan Yesus mengajak kita untuk datang kepadaNya? Apakah Yesus mengajak dengan berbasa basi?

Pertanyaan-pertanyaan di atas akan mempertajam pengertian kita tentang sebuah ajakan atau ajaran yang terkandung di dalam sebuah ayat yang tidak boleh terpisahkan dari sebuah perikop, bahkan rangkaian-rangkaian perikop yang ada di dalam Alkitab. Munculnya ayat di atas pada saat Yesus sedang mengajar dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga. Jadi, ada sebuah pesan atau ajakan yang jelas di dalam ayat ini dan sangat erat hubungannya dengan pemberitaan Injil Kerajaan Sorga dan akibat-akibatnya. Mungkin kita tidak menyadari dan merasakan situasi saat itu bagaimana risiko yang begitu besar bagi seseorang yang memberitakan kerajaan sorga dan rajanya adalah Yesus.

Dan inilah pemberitaan yang paling berisiko dan yang menjadikan Yesus ditangkap dan dibunuh untuk disalibkan. Yohanes Pembaptis dengan lantang menegur raja agar bertobat sebab kerajaan sorga telah datang, akibatnya dia harus mati dipenggal kepalanya. Ada beberapa catatan di dalam Alkitab yang berhubungan dengan kerajaan sorga, inilah Injil yang harus diberitakan, bukan mukjizat, bukan karunia-karunia, tapi kedatangan Yesus, kematianNya, dikuburNya dan kebangkitanNya.

Dan sudah pasti ada sesuatu harga yang harus kita bayar agar Injil Kerajaan Sorga dapat diberitakan kepada banyak orang, sehingga banyak yang boleh percaya bahwa Yesus adalah Raja dari segala raja dan Dia Tuhan pencipta alam semesta, firman yang telah menjadi manusia, Dialah Raja di dalam Kerajaan Sorga. Harga apa yang harus kita bayar untuk mengikuti Kristus agar kita juga boleh memiliki Kerajaan Sorga? Pertama, harus bertobat. “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!” (Matius 3:2).

Kedua, harus miskin hati (tulus hati).Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga” (Matius 5:3). Ketiga, harus siap dianiaya.Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga” (Matius 5:10). Keempat, harus lebih baik keagamaanmu. Maka Aku berkata kepadamu, jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga (Matius 5:20).

Kelima, harus beritakan Injil Kerajaan Sorga. “Pergilah dan beritakanlah, Kerajaan Sorga sudah dekat” (Matius 10:7). Keenam, harus meluruskan pengajaran Kerajaan Sorga. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya (Matius 11:12). Ketujuh, harus menabur benih yang baik.Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kataNya, ‘Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya’” (Matius 13:24).

Tuhan Yesus sangat mengerti bagi setiap kita yang mau mengikuti Dia, maka kita tidak luput dari risiko dan tanggung jawab yang harus kita pikul, khususnya pada saat kita memberitakan Injil bahwa Yesuslah Tuhan alam semesta, penebus manusia dan empunya Kerajaan Sorga. Namun demikian Tuhan Yesus telah menjamin apapun masalah dan rintangan kita pada saat kita memberitakan Injil, datanglah kepada Dia karena hanya Dialah yang dapat memberikan kelegaan. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Berita Terkait