BPH Sinode GBI Gelar Konferensi Pers di Jakarta

582 dibaca
Jumpa pers petinggi BPH Sinode GBI yang dipimpin Pdt. DR. Japarlin Marbun di Jakarta.

Beritanarwastu.com. Di bawah kepemimpinan Pdt. DR. Japarlin Marbun yang dibantu oleh jajaran pengurus tak bisa dipungkiri BPH Sinode GBI (Gereja Bethel Indonesia) mengalami kemajuan yang cukup membanggakan. Hal itu bisa dilihat dari hasil kerja nyata yang bukan hanya fokus dalam pembinaan jemaat, melainkan setiap hamba Tuhan dan jemaat bisa memberikan dampak bagi lingkungan sekitarnya. Tak heran, jika sinode yang dikenal punya jemaat cukup besar di dalam dan luar negeri itu pun diarahkan oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, saat pengurus BPH GBI diundang ke Istana Negara tahun 2017 lalu, agar GBI dapat berkontribusi dalam mengentaskan kemiskinan di negeri ini.

 

"Waktu itu, saya katakan kepada beliau (Presiden Jokowi) bahwa selama ini GBI pun ikut andil dalam pengentasan kemiskinan melalui pendirian sekolah, mulai dari PAUD sampai perguruan tinggi. Kita punya ratusan serta dibiayai dan kelola sendiri," kata Pdt. Japarlin Marbun, yang termasuk dalam “21 Tokoh Kristiani 2015 Pilihan Majalah NARWASTUdalam acara jumpa pers di Graha Bethel, Jakarta Pusat, pada Senin, 5 Maret 2018 lalu
             Kinerja BPH Sinode GBI yang diapresiasi langsung oleh Jokowi seolah menegaskan, bahwa sinode yang sudah menghasilkan banyak terobosan tersebut memang ikut andil dalam membangun Indonesia. Atau dengan kata lain, tidak memaknai organisasi secara eksklusif  melainkan inklusif. "Program BPH GBI selain menjalin hubungan dengan lintas agama, juga membangun hubungan dengan gereja lain dan pemerintah serta masyarakat," tambah Pdt. Dr. Ec. M. Sudhi Dharma (Ketua Departemen Pembinaan Regional II BPH GBI). 
            Acara konferensi pers yang juga dihadiri oleh para petinggi BPH GBI, seperti Pdt. Ir. Suyapto Tandyawasesa, M.Th (Bendahara Umum BPH GBI), Pdt. Himawan Leonardo (Sekretaris I BPH GBI), Pdt. Paul R. Widjaja (Sekretaris Umum BPH GBI), Pdt. Joel Manalu, M.Th (Ketua Departemen Pemuda dan Anak BPH GBI) dan Pdt. Naftali Untung, M.Th (Sekretaris II BPH GBI) itu berlangsung santai namun serius. Ketika disinggung perihal masa jabatan Ketua Umum BPH GBI yang tahun ini akan habis, Pdt. Japarlin Marbun berpendapat, Sidang MPL rencananya akan digelar pada Agustus 2018 mendatang. "Masa kepemimpinan itu semua tergantung dari hasil Sidang MPL dan tentu seijin Tuhan," tukas Pdt. Japarlin yang disambut tepuk tangan oleh semua yang hadir. 
          Selain acara puncak di Sidang MPL mendatang, sebelumnya akan diadakan pula beberapa event besar. BPH GBI pun terus berbenah diri, dan menurut Pdt. Paul Widjaja, semua pendeta diharapkan harus dewasa rohani dan  diperlengkapi agar melek akan teknologi, teologi dan pengetahuan, mengingat kemajuan zaman yang semakin berkembang oleh arus globalisasi.

 

Tak lupa pula ketika disinggung mengenai tahun 2018-2019 sebagai “tahun politik”, petinggi BPH GBI bersikap tidak ingin ikut berpolitik praktis. Dan Sinode GBI hanya mengimbau para jemaat dan membebaskan mereka untuk memilih para calon dengan memperhatikan track record dan memajukan daerahnya serta sosok yang dapat menghargai keragaman. BTY

Berita Terkait