FORKOM NARWASTU Diapresiasi Advokat dan Politisi Nasionalis

276 dibaca
Saor Siagian, S.H., M.Hum (kanan) diabadikan bersama Jonro I. Munthe, S.Sos.

Beritanarwastu.com. Menyikapi pelbagai persoalan bangsa saat ini, salah satu caranya adalah melalui sebuah diskusi seperti yang selama ini dilakukan oleh Forum Komunikasi Tokoh-tokoh Kristiani Pilihan Majalah NARWASTU (FORKOM NARWASTU). Keberadaan forum diskusi yang diprakarsai oleh tokoh-tokoh Kristiani pilihan majalah Kristiani  pimpinan Jonro I. Munthe, S.Sos yang beranggotakan para ahli yang kompeten di bidangnya itu, menuai apresiasi dari salah satu tokoh terkenal di bidang hukum, Saor Siagian, S.H., M.Hum.

Menurut pria Batak ini, ada tiga hal yang membuat FORKOM NARWASTU memiliki sisi daya tarik untuknya. Pertama, tema-tema yang diangkat sangat relevan dengan keadaan sekarang. Kedua, orang yang bicara di dalam diskusi adalah figur yang terpercaya walaupun merupakan orang internal di FORKOM NARWASTU, misalnya, Pak Leo Batubara (alm.), yang ahli dalam bidang media atau pers. “Kami beruntung bisa mendengar langsung dari beliau,” ujar aktivis HAM yang gigih berjuang untuk kebebasan beribadah itu.

Ketiga, satu kehebatan Majalah NARWASTU adalah bisa memelihara komunitas ini. Saor menambahkan, banyak hal yang didapat dari forum diskusi yang mengedepankan semangat kekeluargaan, dan saling melengkapi satu sama lain dalam beragam disiplin ilmu dan profesi itu. "Saya sendiri merasa sayang kalau harus absen dalam acara diskusi FORKOM NARWASTU. Karena di sini saya bisa bicara langsung, misalnya, dengan Pak Leo Batubara. Barangkali kalau beliau di komunitas lain mungkin tidak bisa saya seperti ini. Jadi saya lihat ini sangat luar biasa. Dan, kami beruntung punya rekan Jonro Munthe yang bisa merekatkan tokoh-tokoh ini. Secara probono mereka datang ke sini memberikan ilmunya, tanpa berpikir komersial tapi melihat sebagai pelayanan,” paparnya.

 

Hermawi F. Taslim, S.H. (kiri) bersama Jonro I. Munthe, S.Sos.

 

Hal yang sama dikatakan oleh salah satu advokat dan figur nasionalis dari Partai Nasdem, Hermawi F. Taslim, S.H. yang mengungkapkan apresiasinya terhadap Pimpinan Redaksi Majalah NARWASTU, Jonro I. Munthe. "Saya melihat FORKOM NARWASTU dan Majalah NARWASTU yang tetap konsisten. Karena tidak mudah menerbitkan sebuah media dan tetap konsisten untuk menggelar acara diskusi seperti ini. Jadi tidak banyak anak muda, seperti Jonro Munthe di tengah zaman yang pragmatis ini mau mengurus hal-hal seperti ini. Kita harus support dia dengan kemampuan masing-masing agar ini tetap ada," kata pria berdarah Tionghoa dan Wakil Ketua Badan Hukum DPP Partai NasDem ini tersenyum. Taslim yang juga Ketua Presidium FORKOMA PMKRI pun kini dipercaya sebagai Wakil Direktur Hukum dan Advokasi Tim Pemenangan Jokowi-Maaruf Amin di Pilpres 2019.

Memang bukan hal yang mudah untuk menjaga konsistensi dari Majalah NARWASTU dan FORKOM NARWASTU. Apalagi di tengah kesibukan dari para anggotanya. Namun, kesatuan hati untuk membangun bangsa dan Indonesia melalui buah pikiran dari disiplin ilmu yang mereka miliki rasanya menjadi sebuah penyemangat.  Sehingga diskusi yang digelar setiap tiga bulan sekali itu dinilai sangat besar manfaatnya. Dan Saor Siagian memberikan masukan dan usul untuk FORKOM NARWASTU agar lebih sukses dalam membangun komunitas tersebut.

"Bagaimana misalnya seminar-seminar yang kita adakan ini, dibuat semacam small group lagi untuk mendalami hasil-hasil diskusi, misalnya soal radikalisme atau kebebasan beribadah. Sebab sangat fundamentalisme di bangsa. Kalau forum ini dibuat bukan oleh orang-orang partai, saya kira elaborasi lebih mendalam, kemudian hasilnya tidak mudah ditafsirkan karena agenda-agenda politik tertentu (bebas kepentingan). Sehingga itu menjadi kekuatan forum ini. Karena siapapun yang datang ke sini melepaskan atribut mereka. Jadi sebetulnya kita bisa lebih bebas dan bila perlu usul kepada pengurus FORKOM NARWASTU untuk bisa mengundang menteri di acara ini. Saya rasa ini hal yang tidak susah. Kita buat sangat cair seperti ini dan tidak protokoler," tukas Saor semangat. KL

Berita Terkait