FORKOM NARWASTU Sukses Gelar Diskusi Korupsi dengan Pimpinan KPK

1272 dibaca
Diskusi FORKOM NARWASTU pada Jumat, 19 Agustus 2016 lalu di Restoran Paramount, Menteng, Jakarta Pusat. Tampak dari kiri ke kanan: Dr. Natalis Situmorang, Prof. Marten Napang, Dr. Warasman Marbun, Drs. Saut Situmorang dan Prof. Gayus Lumbuun.

beritanarwastu.com. Pada Jumat, 19 Agustus 2016 lalu, Forum Komunikasi (FORKOM) Tokoh-tokoh Kristiani Pilihan NARWASTU telah sukses menggelar diskusi bertajuk “Bahaya Korupsi dan Penyelewengan Kekuasaan Setelah Indonesia Merdeka 71 Tahun” di Restoran Paramount Jalan R.P. Soeroso (Gondangdia Lama) No. 35, Menteng, Jakarta Pusat. Diskusi ini diadakan untuk merefleksikan dan mensyukuri hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-71.

Acara yang diawali dengan ibadah oleh Pembina/Penasihat Majalah NARWASTU, Pdt. DR. Nus Reimas ini dihadiri para “Tokoh Kristiani Pilihan Majalah NARWASTU” dan narasumber (pembicara) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mabes Polri, pakar hukum dan akademisi. Dan hadir 50-an tokoh di acara yang berlangsung menarik, familiar dan serius ini. Tadinya diskusi ini akan diadakan di Restoran Handayani Prima, Matraman, Jakarta Timur, karena pada 20 Mei 2016 lalu sudah diadakan diskusi seputar bahaya narkoba oleh FORKOM NARWASTU di situ, dan berjalan sukses.

Prof. Dr. Marten Napang, S.H., M.H., M.Si (Ketua FORKOM NARWASTU) adalah salah satu  pembicara di acara ini. Dan Sekretaris FORKOM NARWASTU, Sterra Pietersz, S.H., M.H. yang juga mantan anggota DPR-RI dan mantan Sekretaris Umum DPP PIKI (Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia), menuturkan, diskusi ini merupakan pelayanan para tokoh pilihan NARWASTU untuk menyikapi persoalan serius yang terjadi di tengah gereja, masyarakat dan bangsa ini.

Menurut mantan Bendahara Umum Pengurus Pusat GMKI dan mantan Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan di DPR-RI ini, acara ini juga merupakan wujud apresiasi para tokoh yang tergabung di FORKOM NARWASTU kepada Majalah NARWASTU yang peduli mengangkat tokoh-tokoh pelayan Kristiani lewat media. Persoalan bangsa ini, kata Sterra, seperti bahaya narkoba, korupsi, serta bahaya radikalisme dan terorisme mesti disuarakan para tokoh Kristiani agar bisa disikapi masyarakat dan diatasi bersama dengan pemerintah dan aparat hukum.

Pembicara yang hadir di acara ini, yakni Drs. Saut Situmorang (Komisioner KPK), Prof. Dr. Gayus Lumbuun, S.H. (Hakim Agung MA RI), Prof. Dr. Marten Napang, S.H. (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar), dan Kombes Pol. Dr. Warasman Marbun, S.H., M.Hum (Analis Utama Hukum Mabes Polri) serta moderator Dr. Natalis Situmorang, M.Hut (Pengurus FORKOM NARWASTU dan mantan Ketua Umum Pemuda Katolik).

Panitia acara kali ini, Drs. Yosef Ariwibowo (Pengurus FORKOM NARWASTU dan mantan Ketua DPP KNPI), dan pembawa acara (MC) DR. Tema Adiputra, M.A. (Pengurus FORKOM NARWASTU dan penyiar radio senior). Setelah kebaktian, lalu dirangkai dengan acara memperkenalkan para tokoh oleh Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi NARWASTU, Jonro I. Munthe, S.Sos. Dan dua tokoh, Laksma TNI (Purn.) Ir. Bonar Simangunsong (Mantan Staf Ahli Dewan Ketahanan Nasional) dan mantan Deputi IV Menkopolhukam, Edwin P. Situmorang, S.H., M.H.  saat memberi sambutan, keduanya mengapresiasi acara ini, dan menyatakan dukungannya terhadap NARWASTU dalam menghimpun para tokoh.

Dalam acara ini, ada pula lagu-lagu pujian dinyanyikan oleh salah satu tokoh, yakni Edwin P. Situmorang ketika Jonro Munthe meminta tokoh masyarakat dari HKBP ini bernyanyi. Suasana acara makin hangat, karena Prof. Gayus Lumbun, Sahala R.H. Panggabean, MBA (Presiden Komisaris NASARI Group), Pdt. Marihot Siahaan, S.Th, Jhon S.E. Panggabean, Bonar Simangunsong dan Ny. SAL Tobing Silitonga, S.E., M.A. diajak pula ikut bernyanyi. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama, lalu diskusi.

Bendahara FORKOM NARWASTU yang juga advokat/pengacara handal dan Ketua Umum MAPPHI (Masyarakat Peduli Penegakan Hukum Indonesia), Jhon S.E. Panggabean, S.H., M.H. menerangkan, diskusi ini penting dan bagian dari pencerdasan hukum kepada masyarakat. Dan hasil dari diskusi ini akan dipublikasikan di Majalah NARWASTU dan dikirimkan ke berbagai lembaga serta media massa nasional agar diketahui masyarakat dan tokoh-tokoh bangsa.

Acara yang berjalan lancar dan sukses ini dimulai pukul 10.00 WIB. Doa pembuka dipanjatkan Ny. St. SAL Tobing Silitonga (Mantan Ketua Majelis Pertimbangan PGI Wilayah DKI Jakarta dan kini Sekretaris Dewan Penasihat DPP PIKI serta Penasihat FKKJ), dan diakhiri pukul 16.00 WIB, yang ditutup dengan doa oleh Pdt. Nus Reimas (Berita lengkap tentang acara FORKOM NARWASTU ini akan diturunkan di Majalah NARWASTU Edisi Oktober 2016 mendatang). TS

Berita Terkait