Khasiat di Balik Kopi Hitam

685 dibaca


Beritanarwastu.com. Apakah Anda telah tahu khasiat di balik hitamnya warna kopi. Sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan para pakar Amerika Serikat (AS), belum lama ini menyebutkan, kopi kemungkinan besar memberi efek positif bagi kesehatan lebih besar daripada mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Para ilmuwan menghitung jumlah kandungan antioksidan (zat antiunsur radikal bebas) pada lebih dari 100 jenis makanan, termasuk di dalamnya sayur-sayuran, buah-buahan, kacang, aneka bumbu, minyak, dan minuman.

Lalu hasil penemuan tersebut kemudian dikombinasi dengan data yang ada di Departemen Pertanian AS. Hasil penelitian menunjukkan, ternyata kopi terbukti merupakan sumber antioksidan terbesar diikuti teh hitam, pisang, kacang-kacangan kering, dan jagung. “Orang Amerika memperoleh sumber antioksidan dari konsumsi kopi dibanding dari jenis makanan atau minuman lainnya dan sejauh ini tidak ada jenis makanan atau minuman yang menyamai kopi,” ujar Kepala Tim Penelitian Prof. Joe Vison dari Scranton University di Pennsilvania, AS.

Selain itu, kopi berkafein atau nonkafein pun mampu memberikan sumbangan antioksidan sama tingkatnya. Antioksidan membantu tubuh membuang zat-zat radikal berbahaya bagi tubuh, molekul perusak yang merupakan sel-sel serta DNA (cetak biru dari sel terkecil mahluk hidup).

Zat anti radikal bebas ini berkaitan dengan sejumlah keuntungan dan manfaat bagi kesehatan termasuk melindungi seseorang dari terkena penyakit kanker atau jantung. Dengan adanya hasil penelitian tersebut, maka memperlihatkan kopi dapat mengurangi risiko terkena kanker hati dan usus, diabetes tipe II serta Parkinson. Hanya saja, Jose Vinson menyarankan agar konsumsi kopi tetap pada tingkat sedang, yakni satu atau dua cangkir setiap hari. US/NU

Berita Terkait