Komunikasi Suami Istri yang Tersendat

542 dibaca


Beritanarwastu.com. Pertanyaan:
Konselor  Yth, kami sepasang suami istri sering sekali  mengalami berbagai benturan, sehingga  kami berdua selalu uring-uringan dan serba salah, segala sesuatunya tampak salah.  Akibatnya kita saling berdiam diri  bisa dua sampai tiga hari.  Kami berdua sangat menyadari kondisi  seperti ini sangat tidak sehat. Apa anjuran Anda? Sebagai informasi kami telah  menikah 6 tahun dan mempunyai dua orang anak  (Irma, DI Yogjakarta).
 
Jawaban:
Ibu Ina yang baik, apa yang dialami ibu saat ini sering juga dialami oleh banyak pasangan. Ada beberapa hal  yang mempengaruhi keadaan ini, teristimewa kondisi fisik, karena keadaan fisik selalu mempengaruhi emosional.  Anda tidak perlu panik, namun harus diwaspadai dan tidak baik berlangsung terus menerus, karena hal ini akan mempengaruhi hubungan Anda dan suami. Perlu kami jelaskan beberapa penyebab yang menjadi  pemicu keadaan yang  Anda alami saat ini.
Hormon
Bagi wanita kondisi bad mood sering terjadi pada waktu yang hampir bersamaan setiap bulan. Hal ini dapat terjadi karena pengaruh hormon. Bagi wanita, setiap bulan ovarium menghasilkan hormon estrogen dan progesterone, dan  seminggu sebelum menstruasi, tingkat progesteron paling tinggi dan kemudian segera anjlok.
Hal ini mempengaruhi emosi sehingga membuat mudah marah dan  tersinggung. Periode ini disebut sindrom pramenstruasi (PMS), terjadi karena fluktuasi hormon. Untuk mengurangi efek negatifnya, untuk menguranginya Anda perlu mengkonsumsi  makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti ikan laut. Atau bisa juga minum suplemen yang mengandung 600 mg DHA omega-3.

Gizi Makanan                                                                                                                      
Gizi makanan sangat perlu diperhatikan dengan baik. Asupan karbohidrat dan gula serta vitamin yang cukup  perlu dikonsumsikan dengan baik. Jika Anda kekurangan  bahan-bahan di atas otomatis daya berpikir menjadi lebih sensitive, sehingga sulit untuk berkonsentrasi dan mudah lelah. Untuk itu santaplah makanan yang berkualitas dan baik. Anda perlu berkonsultasi dengan ahli gizi, sehingga mereka dapat memberikan masukan tentang apa yang diperlukan tubuh Anda untuk memenuhi kekurangan yang diperlukan oleh tubuh.

Anda  Istirahat yang Cukup dan Baik
Mood juga terkait erat dengan kualitas tidur. Posisi kamar, pencahayaan, posisi tidur  semuanya mempengaruhi emosi. Pada waktu istirahat hindari penggunaan komputer, gadget dan televisi yang terus menerus hidup akan mempengaruhi dengan menurunnya  produksi hormon melatonin. Jika tingkat melatonin tidak stabil maka pola tidur yang normal dapat terganggu.

Tanpa Tingkat Melatonin yang Stabil, Pola Tidur Normal Dapat Terganggu. Cobalah memperbaiki posisi kamar tidur sehingga tidak terganggu cahaya dan menghindari risiko emosi tidak stabil.    Semoga saran kami dapat menolong Anda berdua untuk mengatasi masalah yang dihadapi. 
  (Sumber: Fokus Pada Keluarga/au).
 
Ruang Keluarga 
Oleh : Fokus  Pada Keluarga
Untuk Informasi : Hubungi Departemen Media Fokus Pada
 Keluarga 021. 54202077  ext 1224
Layanan Konsultasi : Konselor Fokus Pada Keluarga 
                           Senin s/d Jumat , pukul 09.00 – 16.00 WIB

 









 

Berita Terkait