Kongres XVI Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (MPK) Digelar di Jakarta

705 dibaca
Pembukaan Kongres XVI MPK di Hotel Royal Kuningan, Jakarta.

             Pada Rabu siang, 2 November 2016 kemarin, Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (MPK) mengadakan Kongres XVI. Dan acara ini diadakan mulai 2-4 November 2016 di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam acara pembukaan kongres ini, hadir sejumlah pemimpin gereja, seperti Pdt. DR. Nus Reimas (Ketua Majelis Pertimbangan PGLII), Pdt. Dr. Henriette Lebang (Ketua Umum PGI) dan sejumlah tokoh senior MPK, seperti Ir. Robert Robianto (Ketua Badan Penasihat MPK). Acara diawali dengan kebaktian, dan pembawa Firman Tuhan, Pdt. Nus Reimas yang juga Ketua Dewan Pembina LPMI.

                Hadir pula Ketua Umum dan Sekretaris Umum MPK, Ir. David Tjandra dan Drs. Jopie J.A. Rory, S.H., M.H., yang keduanya pernah termasuk dalam “21 Tokoh Kristiani 2012 dan 2013 Pilihan NARWASTU.” Sedangkan ketua panitia acara ini, Dr. Doseba T. Sinay, MBA. Dan Penanggung Jawab kongres ini, Arion M. Hutagalung, S.H., M.A. dan Ir. Suhandojo Tanusaputera. Acara pembukan dihadiri sekitar 500-an undangan dari seluruh Indonesia, termasuk dihadiri puluhan wartawan Kristiani. Dan hadir pula puluhan siswa-siswi BPK Penabur menaikkan lagu gerejawi saat acara kebaktian.

               Dalam siaran pers yang dikirimkan panitia ke Redaksi Majalah NARWASTU ditulis, kegiatan lima tahunan ini merupakan forum tertinggi dalam keorganisasian MPK bersama dengan anggota dan perangkat pelayanannya. Selain menilai laporan pertanggung jawaban pengurus MPK, kongres juga akan memilih dan menetapkan kepengurusan MPK selama lima tahun ke depan, serta membahas dan menetapkan Garis-garis Besar Program Kerja MPK untuk periode lima tahun ke depan.

 

  

Pdt. DR. Nus Reimas (Penasihat MPK) bersama Pdt. Dr. Henriette Lebang (Ketua Umum PGI) dan Ketua Umum MPK Ir. David J. Tjandra.

 

            Kongres XVI yang mengangkat tema “Yesus Kristus adalah Guru dan Gembala Agung” diharapkan dapat menjadi jawaban bagi yayasan Kristen untuk saling bersinergi mengembangkan pendidikan Kristen untuk mewujudkan generasi yang mengasihi Tuhan dan sesama. Lebih dari itu, penyelenggaraan kongres merupakan cerminan tekad untuk terus memperbaharui implementasi pendidikan yang dikembangkan berdasarkan Firman Tuhan dan iman Kristen.

            Kongres XVI ini pun dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy MAP, dan sekitar dua jam dia berdialog dengan peserta kongres. "Ini menunjukkan Pemerintah sangat menghargai kontribusi yayasan-yayasan pendidikan Kristen," ujar Penanggung Jawa Kongres XVI MPK, Arion Hutagalung. Dan pembukaan kongres ini pun diikuti oleh perwakilan dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta, Ketua Umum MPK, Ir. David J. Tjandra, M.A., Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Pdt. Dr. Henriette T. Hutabarat-Lebang. Peserta yang diutus Yayasan/Badan Penyelenggara Pendidikan Kristen anggota MPK pun ikut menghadiri kongres yang dimeriahkan oleh penampilan paduan suara siswa-siswi dari berbagai sekolah Kristen, dan diawali dengan ibadah pembuka oleh Penasihat MPK, Pdt. DR. Nus Reimas.

            Ketua Panitia Pelaksana Kongres XVI MPK, Dr. Doseba T. Sinay, MBA, mengatakan, kongres ini menjadi momentum bagi yayasan dan sekolah Kristen untuk merefleksikan kembali peluang dan tantangan mereka selama lima tahun terakhir serta merumuskan langkah-langkah strategis ke depan. “Dulu banyak sekolah Kristen bermutu menjadi pilihan masyarakat. Situasi sekarang sudah menjadi semakin kompetitif. Melalui kongres ini, saya mengajak yayasan pendidikan Kristen untuk bersama-sama merumuskan langkah strategis ke depan untuk meningkatkan sumbangan kita bagi dunia pendidikan di Indonesia,” kata Doseba.

            “Sinergi menjadi sangat penting dalam menghadapi era globalisasi dan ancamannya yang tidak mudah untuk dihadapi sendiri, namun sinergi hanya mungkin terjadi kalau masing-masing dari kita melepaskan ego dan bersama-sama mengikuti Tuhan Yesus sebagai Guru dan Gembala Agung kita yang mengajar dan menuntun kita ke jalan yang akan ditempuh bersama, pungkas  David J. Tjandra selaku Ketua Umum MPK.

 

Penanggung Jawab Kongres XVI MPK, Arion M. Hutagalung, S.H., M.A.

 

             Selain itu, Ketua MPK wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Banten (Jabodesiten), Arion M. Hutagalung mengungkapkan “Lewat ajang kongres, semua anggota bisa saling menguatkan agar tidak merasa sendirian. Kita bisa saling mendukung satu sama lain agar terjadi peningkatan kualitas bersama. Diharapkan serangkaian kegiatan kongres dapat bermanfaat untuk seluruh Yayasan dan Sekolah Kristen dan mitra yang terus berusaha keras meneladani Yesus Kristus sebagai Guru dan Gembala dalam mengimplementasikan pendidikan Kristen di Indonesia.

 

Mengenal dari Dekat Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (MPK)

Sekadar tahu, MPK merupakan organisasi yang mewadahi yayasan/badan penyelenggara pendidikan Kristen yang ada di Indonesia. MPK mempunyai visi “Menjadi Penguat dan Pembaharu Penyelenggara Pendidikan Kristen Jenjang Dasar dan Menengah di Indonesia yang Terpercaya dan Berwibawa.” MPK memikirkan solusi bersama Yayasan/Badan Penyelenggara Pendidikan Kristen dalam menghadapi tantangan zaman di kongres ini, terutama dalam hal pendidikan.

Melalui Kongres ini, MPK yang kini dipimpin David J. Tjandra selaku ketua umum dan Jopie J.A. Rory selaku sekretaris umum mengharapkan bisa merumuskan serta langkah-langkah untuk mengembangkan sekolah Kristen agar berkualitas dalam mempersiapkan generasi yang mengasihi Tuhan dan sesama. TS

Berita Terkait