Konsultasi Nasional Ke-5 Pelayanan Anak PGI

371 dibaca
Kegiatan Konas Ke-5 Pelayanan Anak PGI di Jakarta.

 BERITANARWASTU.COM. Biro Perempuan dan Anak PGI (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia) bebeapa waktu lalu menggelar kegiatan Konsultasi Nasional (Konas) Ke-5 Pelayanan Anak di Grha Oikoumene, Jakarta. Konas kali ini mengangkat tema, “Tuhan Mengangkat Kita dari Samudera Raya dan sub tema, “Menuju Gereja Ramah Anak. Sekitar 200 orang peserta yang merupakan perwakilan dari sinode gereja anggota PGI, mengikuti kegiatan ini.

Konas Anak ini, telah merumuskan lima hal yang sangat penting untuk dilakukan agar terwujudnya gereja ramah anak, dan selanjutnya disahkan dalam Sidang MPL PGI, sehingga menjadi sebuah kesepakatan seluruh sinode untuk diwujudkan di setiap gereja di lingkungan sinodenya. Kelima hal tersebut, pertama, gereja harus mempunyai dan mengimplementasikan kebijakan perlindungan anak dalam kegiatan bergereja dan bermasyarakat.

Kedua, gereja harus menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar anak dapat terlindungi, hidup, tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi secara optimal. Ketiga, gereja harus menyediakan fasilitas yang mudah diakses dan pelayanan khusus untuk anak penyandang disabilitas. Keempat, gereja harus peduli dan terlibat aktif membantu anak-anak korban kekerasan, termasuk kekerasan seksual, korban eksploitasi, dan perdagangan anak.

Kelima, gereja harus memberdayakan keluarga dalam upaya pengasuhan anak, perlindungan anak, dan pemenuhan hak anak dalam keluarga. Kelima hal tersebut menjadi acuan bagi sinode dan gereja di lingkungan sinodenya, dalam menyusun perencanaan strategis dan program tahunan bidang pelayanan anak yang memiliki perspektif perlindungan anak. KS

Berita Terkait