Munas V PERWAMKI Diadakan di The Salvation Army Singapura

520 dibaca
Tim PERWAMKI diabadikan seusai pembukaan Munas V di Gedung The Salvation Army Singapura.

BERITANARWASTU.COM. Diawali dengan doa oleh Pdt. M. Tomana, M.Th (Ketua Umum Sinode Gereja Sahabat Indonesia) Munas V PERWAMKI (Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia) secara resmi dibuka pada Kamis, 10 November 2016 pukul 16.00 di Lantai 3 Gedung The Salvation Army, Singapura. Setelah itu Ketua Munas V PERWAMKI, Robi R. Repi, S.H., M.Th dan Ketua PERWAMKI, Yusak Tanasyah, M.Th, M.Pdk menyampaikan sambutan. Keduanya menyampaikan, puji syukur atas kasih Tuhan, karena organisasi wartawan Kristiani yang sudah berusia 13 tahun ini bisa menggelar munas di luar negeri karena ada tangan-tangan yang digerakkan Tuhan Yang Maha Rahmat untuk membantu pengadaan acara ini.

Di munas ini, PERWAMKI pun mengadakan sharing atau diskusi tentang peran media massa di tengah gereja, masyarakat dan bangsa. Bahkan ada diskusi tentang kemenangan Donald Trump yang kini sudah terpilih sebagai Presiden baru Amerika Serikat (AS). Pun ada diskusi informal seputar kondisi sosial-politik Indonesia terkini dan Pilkada DKI Jakarta yang kini mulai memanas. Di Singapura pun tim PERWAMKI membicarakan banyak program PERWAMKI agar terus ikut ambil bagian di dalam mencerdaskan warga gereja atau publik lewat media massa. "PERWAMKI ingin menyiapkan anggotanya menjadi jurnalis profesional, cerdas dan bisa menjadi jurnalis kabar baik atau jurnalis pembawa damai," ujar Robi Repi yang juga Wakil Ketua DPD PIKI DKI Jakarta dan Convovator FUKRI.

 

   

 

Selanjutnya diadakan ibadah dengan pemimpin pujian Pdt. Sapta B. Siagian, M.Th (Pemred tabloid Solafide) dan pemberita Firman Tuhan, Jonro I. Munthe, S.Sos (Pemimpin Umum/Pemred NARWASTU) dan doa berkat dipanjatkan oleh Pdt. M. Tomana. Kemudian dilanjutkan dengan santap malam bersama. Lalu dirangkai dengan penyampaian laporan pengurus harian dan rapat untuk mengevaluasi kegiatan PERWAMKI yang dipimpin Yusak Tanasyah serta didampingi Dian Kristin (Sekretaris) dan Betty Bahagianty (Bendahara).

Dalam acara ini hadir pula pendiri PERWAMKI seperti Emanuel Dapaloka (Pemred Santa Clara), Celestino Reda (Pemred NTTOne) dan Rionaldo Nainggolan (Pemred Bona Uli). Sedangkan Sekretaris Munas V, Markus Saragih, S.Sos (Redaktur Pelaksana Majalah Berita Oikoumene PGI) berhalangan hadir karena ada urusan keluarga yang mendadak. "Sekalipun jumlah personil PERWAMKI tak banyak, namun saya bangga karena mereka punya karya dan intelektual yang teruji berkarya di tengah gereja dan masyarakat, serta loyal dengan tugas panggilannya,"  ujar Celestino Reda. Para anggota pun mengapresiasi kepemimpinan Yusak-Didi dan Betty yang selama ini mau bekerja keras untuk membesarkan PERWAMKI.

Dalam Munas V PERWAMKI hari pertama, kembali dipilih Yusak Tanasyah sebagai Ketua PERWAMKI untuk periode berikutnya secara aklamasi. Yusak yang juga Pemred kabarbaik.com dan pengurus di STT Pokok Anggur dinilai figur yang teruji dan terbukti sukses selama ini memimpin PERWAMKI. Pria yang kerap pergi ke berbagai negara untuk urusan gerejawi ini juga berperan penting menggelar Munas IV di Bali pada 2013 lalu. "Tapi kita harapkan agar kepengurusan baru ini diperkuat figur-figur baru agar lebih solid dan mantap menjalankan program-program PERWAMKI ke depan. Saya melihat di PERWAMKI ada kader-kader muda Kristen yang kita banggakan," ujar Pdt. Tomana yang juga mantan wartawan senior di harian sore nasional Suara Pembaruan. ST

Berita Terkait