Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi NARWASTU Terima Penghargaan dari MPI

1015 dibaca
Jonro I. Munthe, S.Sos (Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi NARWASTU)

beritanarwastu.com. Jurnalis muda yang juga Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi NARWASTU, Jonro I. Munthe, S.Sos pada 7 Desember 2009 lalu, mendapat penghargaan sebagai “Jurnalis Muda Motivator” dari Majelis Pers Indonesia (MPI). MPI memberikan penghargaan itu saat merayakan HUT-nya ke-10, dan memperingati HUT ke-102 pers nasional.

Menurut Sekjen MPI, Sakata Barus, pers punya peran yang sangat signifikan untuk membangun dan mensejahterakan bangsa, termasuk pers berperan meminimalisir aksi korupsi yang kini salah satu masalah paling serius di Indonesia. Panitia HUT ke-10 MPI menerangkan, kiprah Jonro sudah lama mereka perhatikan saat mulai berkarya di dunia jurnalistik melalui media Kristiani, yaitu majalah Narwastu pada 1997 lalu.

Penghargaan itu diberikan MPI di Gedung Dewan Pers, Jakarta, dan dihadiri sejumlah jurnalis dari berbagai media massa nasional, termasuk Wakil Ketua Dewan Pers, Drs. Sabam Leo Batubara. Menurut Sakata Barus, pemberian penghargaan ini merupakan wujud kepedulian MPI terhadap profesi pers yang juga bagian dari pejuang demokrasi. Wajah lulusan Fakultas Komunikasi Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Jakarta, ini tampak bahagia saat menerima apresiasi itu.

Ketua Dewan Penasihat MPI, Roberto Bangun (mantan anggota DPRD DKI Jakarta) dan Ketua Dewan Pembina MPI, KRT Gunarso (mantan pendiri harian Jayakarta) yang menyerahkan piagam penghargaan tersebut. Jurnalis senior, Drs. Robin C. Manullang yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Tokoh Indonesia pun menerima penghargaan serupa. “Ini hadiah Natal dari Tuhan untuk saya dan teman-teman di NARWASTU. Terima kasih saya ucapkan kepada semua orang yang selama ini ikut mendukung dan mendoakan saya,” ujar Jonro, anggota jemaat  Gereja GPIB (Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat) Jemaat Harapan Indah, Kota Bekasi, yang sering diundang sebagai pembicara dan moderator untuk diskusi atau seminar seputar sosial, politik, gereja dan masyarakat itu. Semasa mahasiswa Jonro sudah aktif dalam organisasi kepemudaan, dan ia pun aktif dalam penerbitan pers kampus.

Dalam pandangan MPI, Jonro Munthe adalah figur jurnalis muda yang cukup gigih memperjuangkan perdamaian, kerukunan antarumat beragama, keadilan, pluralisme, demokrasi dan antikekerasan lewat tulisan-tulisannya. Tak hanya itu, ia giat mempublikasikan masalah diskriminasi yang dialami umat Kristiani, seperti gangguan beribadah dan mengkritisi persoalan di tengah gereja, masyarakat dan elite politik. NARWASTU yang selama ini banyak menyentuh masalah kebangsaan, kemanusiaan, kemasyarakatan dan sosial politik juga dinilai MPI punya keunggulan, salah satunya memotivasi para pembacanya. Dan NARWASTU dianggap pula media Kristiani yang mampu menghimpun tokoh-tokoh Kristiani dari berbagai kalangan, baik politisi, profesional, advokat/pengacara, aktivis LSM, pengusaha, pimpinan sinode, anggota dewan, pimpinan ormas dan jenderal aktif TNI/Polri serta jenderal purnawirawan untuk hadir di acaranya.

                Selain itu, menurut MPI, NARWASTU selama ini bisa memotivasi tokoh-tokoh Kristiani dengan memberi penghargaan terhadap “21 Tokoh Pejuang Kristiani” setiap akhir tahun. Juga Jonro dianggap ikut berperan mengembangkan eksistensi Persekutuan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI), yang kini merupakan wadah berhimpunnya para jurnalis media Kristiani di DKI Jakarta dan sekitarnya. Jonro Munthe pun giat mengadakan diskusi dan seminar seputar masalah gereja, masyarakat dan sosial politik bersama sejumlah pemuka Kristiani dan tokoh nasional di Forum Diskusi Daniel Indonesia (FDDI) dan Forum Komunikasi (FORKOM) Tokoh-tokoh Kristiani Pilihan NARWASTU. Di FORKOM NARWASTU banyak tergabung tokoh-tokoh Kristiani dari berbagai latar belakang. US

Berita Terkait