Pesan Damai PERWAMKI untuk Indonesia Sebelum ke Singapura

816 dibaca
Rapat PERWAMKI yang dipimpin Yusak Tanasyah, M.Th, M.Pdk di Coffe Shop Hotel Royal Kuningan, Jakarta.

Beritanarwastu.com. Menyikapi keadaan dan kondisi Indonesia saat ini, terutama di DKI Jakarta pada 4 November 2016, PERWAMKI (Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia) yang dipimpin Yusak Tanasyah, M.Th, M.Pdk-Dian Kristin dan Betty Bahagianty juga meminta agar para wartawan (jurnalis) Kristiani tetap mempublikasikan berita-berita atau pesan-pesan yang sejuk dan damai di media massa dan media sosial (medsos).  Hal itu diungkapkan Yusak Tanasyah yang juga Pemred kabarbaik.com saat memimpin rapat bersama tim PERWAMKI di Coffe Shop Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, kemarin.

                Yusak Tanasyah menerangkan, Pilkada DKI Jakarta yang kini memanas, dan disertai dengan aksi-aksi demo massa mesti disikapi jurnalis Kristen dengan mempublikasikan berita-berita yang meneduhkan dan jangan provokatif. Termasuk pesan-pesan di medsos harus bisa disikapi dengan baik dan benar. Mantan Ketua PERWAMKI, Emanuel Dapaloka pun menuturkan, kita harus bisa menunjukkan diri bahwa insan di PERWAMKI kaum yang cerdas, dan tidak gampang membuat berita-berita atau pesan-pesan yang membuat pembaca atau publik resah dan gaduh.

                Dalam pertemuan sembari minum kopi itu, Yusak Tanasyah yang sukses menggelar Munas IV PERWAMKI di Bali (2013) bersama Markus Saragih, S.Sos, banyak berbicara soal rencana tim PERWAMKI yang akan mengadakan Munas V di Singapura-Malaysia. Yusak memberikan arahan dan harapannya agar nanti tim PERWAMKI di Singapura bisa mendapat inspirasi baru dalam mengembangkan diri sebagai wartawan Kristen yang profesional, nasionalis, religius dan peduli bangsa.

                Dalam pertemuan yang diawali dengan doa oleh Pdt. Sapta B. Utama, M.Th (Pemred tabloid Solafide) ini, hadir juga Pemred Sinar Bangsa, Denny Zakhirsah, Pemred majalah Bona Uli, Rio Nainggolan, Emanuel Dapaloka (Pemred majalah Santa Clara), Mareta (Majalah Inspirasi), Betty Bahagianty (NARWASTU), dan pengurus PERWAMKI Mini serta Dian Kristin. Dan hadir pula Pemimpin Umum/Pemred NARWASTU, Jonro I. Munthe, S.Sos dan mantan wartawan senior Suara Pembaruan, Pdt. M. Tomana, M.Th, yang kini juga Ketua Sinode GKSI. Dan Pdt. Tomana juga yang menutup pertemuan dengan doa berkat

 

 

Tim PERWAMKI diabadikan bersama advokat senior Aldentua Siringoringo, S.H., M.H.  

              Sempat juga ikut nimbrung dalam acara itu advokat senior, Aldentua Siringoringo, S.H., M.H., mantan Caleg DPR-RI Partai NasDem yang selama ini kerap bekerjasama dengan PERWAMKI. Dalam kesempatan itu, Aldentua Siringoringo yang juga pengurus Perkumpulan Nasional Senior GMKI hadir untuk mengikuti Kongres XVI Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (MPK) yang kebetulan diadakan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta.

                PERWAMKI akan mengadakan Munas V pada 11-13 November 2016 yang dibuka di DKI Jakarta, lalu dilanjutkan di Singapura, dan dirangkai dengan refreshing dan sharing tentang masa depan media Kristiani di Kota Johor, Malaysia. “Kita pun ada rencana berdiskusi dengan kaum muda gereja asal Indonesia di Singapura, mengunjungi sejumlah gereja yang selama ini berjejaring dengan kita di Singapura,” pungkas Ketua Munas V PERWAMKI, Robi R. Repi, S.H., M.Th, yang juga Kepala Divisi Pemasaran Penerbit Buku PT BPK Gunung Mulia, Wakil Ketua DPD PIKI DKI Jakarta dan Wakil Sekum PGLII.

                Dalam diskusi PERWAMKI nanti di Singapura, kata panitia, akan dibahas pula bagaimana menyikapi tantangan dan peluang media Kristiani di era digital ini. “Meskipun PERWAMKI dari jumlah personial tidak banyak-banyak amat, namun kita harapkan orang-orang PERWAMKI adalah kaum cendekiawan yang cerdas, bijaksana dan agen-agen perubahan di tengah gereja dan masyarakat,” ujar Robi yang juga Convocator FUKRI (Forum Umat Kristiani Republik Indonesia). KT

Berita Terkait