Sekalipun Tantangan Berat, Tuhan Menyertai Orang yang Setia dan Taat

5912 dibaca


Beritanarwastu.com. Nehemia seorang tukang minum Raja Persia, dan dia melihat bangsa Israel makin jatuh dan makin hancur. Nehemia meskipun juru minum raja, namun ia cerdas, berani dan tak takut menghadapi tantangan. Saat itu tantangan Nehemia luar biasa. Nehemia sebenarnya bukan orang luar biasa, namun ketika Tuhan memakai dia jadi alatNya ia luar biasa. Dia selalu dikuasai Roh Kudus, dan ia selalu melihat kepada Tuhan. Dia peka akan keadaan saudaranya. Dia difitnah dan banyak tantangan. Demikian juga di dalam pelayanan, ada tantangan, tapi Tuhan akan menyertai kita.
Demikian diungkapkan Pdt. Evie Pattiasina saat menyampaikan khotbah di Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Jemaat Harapan Indah, Kota Bekasi, Jawa Barat, baru-baru ini, sembari mengutip renungan dari Nehemia 6:1-9 tentang pertolongan Tuhan. “Orang yang melayani Tuhan sekalipun tantangan imannya berat, Tuhan tak akan pernah meninggalkannya. Dulu Nehemia tak cari aman dengan tinggal di istana raja. Juru minum raja bukan orang sembarang, namun ia tak mau berada di zona nyaman, ia setia dan taat kepada Tuhan,” paparnya.
Ketika ada pikiran untuk meninggalkan pelayanan dan persekutuan, justru itu akan membuat kita tak nyaman dan kita galau. Menurut Pdt. Evie, kita jangan menghindari pelayanan. Kita bukan melayani pendeta atau penatua, tapi lihatlah Tuhan, kita melayani Dia. Nehemia meskipun tantangannya berat, dia tetap setia, kuat, karena dia selalu melihat Tuhan. Nehemia seorang pria dan bapak yang sayang pada bangsa atau keluarganya.
Dalam HUT ke-34 Persekutuan Kaum Bapak (PKB) 2015 ini, perlu diperhatikan bahwa bapak itu kepala rumah tangga, dan ia tak boleh meninggalkan keluarganya. Dia harus setia dan mencintai anak-anak dan istrinya. Seorang bapak harus memperhatikan keluarganya. Bapak-bapak harus memandang Tuhan dan hiduplah oleh kehendak dan kekudusan Tuhan. “Bapak-bapak yang menyiapkan makanan, minyak dan gas, lalu ibu-ibu yang menyiapkan makanan. Jadi bapak-bapak jangan hanya sibuk menggosok batu akik. Kaum bapak juga harus cari nafkah. Banyak beban dan tantangannya di dalam keluarga. Tapi kaum bapak harus belajar dari Nehemia, yang selalu dimampukan Tuhan, karena dia setia, taat kepada kehendak Tuhan,” paparnya. KKH

Berita Terkait