Semua Orang Sangat Penting Konsumsi Susu

386 dibaca


Beritanarwastu.com. Pada 1 Juni 2009 lalu, Pemerintah Indonesia mencanangkan “Hari Susu Nusantara” yang dilaksanakan bersamaan dengan Hari Susu Dunia. Lalu, muncul pertanyaan, seberapa pentingkah mengkonsumsi susu dalam hidup sehari-hari, sampai Pemerintah dan masyarakat di seluruh dunia sibuk membuat program kampanye.

Seperti kita ketahui, susu adalah salah satu sumber makanan dan gizi yang amat perlu bagi manusia. Bayi yang baru lahir membutuhkan air susu ibu (ASI) sebagai makanan pokok dan satu-satunya sampai usia enam bulan pertama hidupnya. ASI tak hanya menyediakan nutrisi lengkap bagi bayi, tapi juga memberinya immunoglobulin, enzim yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu, mengkonsumsi susu juga dibutuhkan bagi anak anak dan remaja selama masa pertumbuhan, terutama untuk mendukung perkembangan tulang dan gigi yang optimal. Adapun bagi manusia dewasa dan lanjut usia, seperti dikutip harian Warta Kota, susu diperlukan untuk mempertahankan kesehatan.

Menurut dr. Ina Herawati, Direktur Bina Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan RI, kandungan gizi dalam susu diperlukan dalam setiap tahap usia manusia. “Tentu saja disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan masing-masing individu,” ujarnya dalam penjelasannya sehubungan dengan Hari Susu Nusantara di Jakarta.

Susu, kata dr. Ina, sangat kaya akan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral, kandungan gizi itu sangat dibutuhkan bagi setiap orang dalam jumlah yang cukup seimbang. Itu sebabnya kebutuhan susu pada anak-anak, remaja, dan orangtua, biasanya berbeda-beda. Anak-anak, imbuhnya, membutuhkan susu dengan kandungan gizi lengkap, termasuk lemak di dalamnnya. Ini tentu berbeda dengan kebutuhan gizi bagi orang dewasa dan lanjut usia.

Perlu diketahui, mengkonsumsi susu tak cukup hanya memilih kandungan gizi yang cocok sesuai usia dan kebutuhan setiap orang. Makanya, perlu pula memperhatikan jenisnya. Dari sekian banyak jenis susu, pilihan terbaik adalah pada susu segar (dalam bentuk cair). Kenapa susu segar? “Karena inilah susu yang paling aman dikonsumsi oleh semua orang. Namun perlu diingat, susu segar tidak dianjurkan untuk bayi. Bahkan, bayi di atas usia dua tahun sebaiknya tetap menggunakan susu formula,” ujar Ina.

Susu segar, menurutnya, mempunyai sejumlah kelebihan dibanding susu jenis lain, seperti susu bubuk atau susu kental manis. Susu segar tidak membutuhkan persiapan yang bertele-tele untuk mengkonsumsinya, dan relatif tidak mengalami banyak perubahan kandungan gizi dalam proses industri, terutama terkait teknologi pengawetan makanan.

Sedangkan susu bubuk formula mengalami proses pemanasan tingkat tinggi yang otomatis menghilangkan sebagian kandungan gizinya. Selain itu, untuk menyiapkan susu bubuk diperlukan persyaratan tertentu, yaitu ketepatan takaran dan air yang higienis.

Sementara susu kental manis mengalami proses penambahan gula yang sangat tinggi untuk mengawetkannya supaya dapat disimpan dalam jangka panjang. Beberapa jenis susu segar siap konsumsi yang tersedia di pasaran saat ini antara lain diproses melalui teknik pasteurisasi, sterilisasi, dan pemanasan dengan teknologi ultra high temperature (UHT). Susu dapat tahan disimpan lebih lama dengan teknologi itu, tanpa memerlukan bahan pengawet. Susu segar dalam kemasan, yang pasti tidak merepotkan. US     

Berita Terkait