Sinode GKPS Sukses Adakan RPL Seksi Bapa di Jakarta

652 dibaca
Ketua Panitia, St. Ir. Raymanto M. Sumbayak.

 BERITANARWASTU.COM. Sinode Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) menyelenggarakan Rapat Pengurus Lengkap (RPL) 2017 di Hotel Desa Wisata, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Jumat-Minggu (7-9 April 2017). Acara tiap satu tahunan yang digagas oleh Seksi Bapa GKPS tersebut dihadiri oleh kaum bapa GKPS yang ada di seluruh Indonesia.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Ephorus GKPS, Pdt. M. Rumanja Purba, M.Th yang mengatakan, penyelenggaraan RPL merupakan bagian terpenting dalam perjalanan Seksi Bapa GKPS sebagai sebuah simpul pelayanan di tengah-tengah persekutuan. Apalagi, penyelenggaraan yang dipusatkan di sebuah ibukota negara dengan atmosfir Pilkada DKI Jakarta yang hangat dapat memperkaya pemikiran yang hadir bahwa negara ini merupakan rancangan Tuhan.

 Ia juga menegaskan, melalui kutipan dari Firman Tuhan di Kitab Roma 13:1-7 mengenai kata “tahluk” kepada otoritas dan penguasa. Diartikan, orang Kristen harus secara sukarela menyerahkan dirinya kepada otoritas yang dilembagakan secara ilahi. “Jika negara atau otoritas berhenti menjadi kekuatan untuk kebaikan dan ketertiban, dan berubah menjadi alat kejahatan, maka tidak ada kewajiban orang Kristen untuk mematuhi otoritas itu seperti yang dikatakan di Kisah Para Rasul 5:29. Kita harus lebih taat kepada Allah daripada kepada manusia,” katanya bersemangat.

 RPL tidak hanya melaporkan dan mengevaluasi program kerja sebelumnya. Akan tetapi juga membahas berbagai kendala yang dihadapi oleh resort, distrik dan jemaat GKPS yang ada serta menyusun program kerja 2017. Dalam penyusunan tersebut ada beberapa program yang rencananya akan diterapkan di tahun ini. Seperti meningkatkan kehadiran bapa dalam setiap ibadah/kegiatan gerejawi, pembinaan hubungan rumah tangga yang harmonis, pelaksanaan kegiatan PA bapa, pelayanan pekabaran Injil dan Diakonia serta lain sebagainya.

Menurut Ketua Panitia, St. Ir. Raymanto M. Sumbayak, seksi bapa baru ada di tahun 1995. Dan RPL itu sendiri dikemas sedemikian rupa, sehingga menjadi satu ajang untuk melepas rasa rindu satu dengan yang lain. Namun ada pula pemaparan program unggulan dari GKPS Cikoko, GKPS Cililitan dan GKPS Tangerang, seperti program KKR, Credit Union dan Pendidikan yang semuanya bisa ditiru oleh GKPS lainnya.

 Selain itu, para peserta yang hadir mengikuti seminar singkat menarik mengenai ekonomi kreatif dengan nara sumber Vita Datau yang dikenal sebagai ahli ekonomi kreatif, dan seminar darurat narkoba yang disampaikan oleh Brigjen (Pol.) Dr. Victor Pudjiadi, SPB., FICS,. DFM dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Bidang Pencegahan. “Kegiatan ini bertujuan untuk mengambil keputusan dan menetapkan segala yang perlu untuk meningkatkan peran bapa GKPS sesuai dengan visi GKPS, yakni menjadi pembawa berkat dan kepedulian,” jelas Ketua Umum Seksi Bapa GKPS, St. Eddy Harlen Saragih.

 Di acara itu, pada malam harinya pun dilanjutkan dengan malam keakraban kaum bapa GKPS, seperti perkenalan Korwil/Pengurus/Peserta per-Distrik, hiburan musik dan lagu, Bapa GKPS talent show, serta manortor bersama. Sedangkan di hari terakhir, selain kebaktian Minggu dan Banggal Napansing. Setelah itu, ditutup dengan acara Jakarta city tour dengan mengunjungi Monas dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo serta tempat terkenal lainnya yang ada di ibukota. BTY

Berita Terkait