Sinode GPIB Rekomendasikan Pdt. Raintung Calon Sekum-Wasekum PGI

68 dibaca
Pdt. Manuel E. Raintung, S.Si, M.M. (tengah).

Beritanarwastu.com Di awal November 2019 ini, pada 8 hingga 13 November 2019 Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) akan menggelar Sidang Raya (SR) ke-17. Kali ini SR dipusatkan di Waingapu, Sumba, NTT (Nusa Tenggara Timur). Tentu, pemilihan itu hanya sebagian agenda, puncaknya pada 12 November 2019 pemilihan pengurus harian. Salah satu figur yang mencalonkan diri jadi Sekretaris Umum atau Wakil Sekretaris Umum PGI adalah Pdt. Manuel Raintung, S.Si, M.M. yang saat ini menjadi Ketua Umum PGI Wilayah DKI Jakarta. 

        “Calon sekretaris umum akan lebih banyak. Ada tujuh orang yang mencalonkan sekretaris umum. Saya mencalonkan wakil sekretaris umum dan sekretaris umum. Jabatan yang full timer,” ujar mantan Sekretaris Umum PGI Wilayah DKI Jakarta ini dalam konferensi pers di Kantor PGI Wilayah DKI Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, pada Senin 4 November 2019 lalu. Dia juga berharap PGI dipimpin orang yang berakar di gereja. “Bagi saya yang tepat memimpin PGI adalah orang yang telah lama melayani di PGI sendiri,” ujarnya.

       Di PGI sendiri ada tradisi isu gender dan pemimpin perwakilan wilayah, walau tak tertulis, misalnya perwakilan wilayah Barat dan Timur. Jika ketua dari Indonesia bagian Barat, biasanya sekretaris dari mewakili Indonesia bagian Timur. Pengurus harian di PGI sendiri ada 13 orang yang full timer. “Saya sendiri siap menjadi wakil sekretaris umum. Saya tak memaksakan diri unutuk menjadi sekretaris umum. Dua kali saya mengikuti sidang raya, saya tak penuh mendapatkan rekomendasi dari Sinode GPIB. Tetapi kali ini, saya mendapat rekomendasi dari GPIB,” ujarnya lagi.

      Sebelumnya, di dua Sidang Raya PGI, dari GPIB selalu mendapat dua atau tiga orang yang mendapatkan rekomendasi. Sebagaimana diketahui, tahun 2005, sudah aktif di PGI Wilayah DKI Jakarta sampai sekarang menjadi Ketua Umum di PGI Wilayah DKI Jakarta. "Tentu kita harus berani hidup dalam posisi yang tak nyaman,” ujar pendeta yanag sudah 30 tahun melayani ini. 

        Sebelumnya Pdt. Raintung adalah Sekretaris Umum PGI Wilayah Jawa Timur. “Saya punya reputasi di PGI. Artinya, saya bukan untuk mencari hidup nyaman di PGI. Saya sudah buktikan puluhan tahun aktif di PGI Wilayah. Saya hanya mengejar nama baik,” cetusnya. Pdt. Raintung menambahkan, orang-orang berperan penting di gereja harus didorong untuk keluar untuk lebih berpartisipasi. Pdt. Manuel Raintung sendiri menegaskan, dirinya maju sebagai calon Sekretaris Umum atau Wakil Sekum PGI karena ingin mengabdi, memberi sumbangsih bagi gereja dan negara. HJ

Berita Terkait