Brigjen TNI (Purn.) Junias L. Tobing
Sinode HKBP Butuh Ephorus yang Paham “Great Leader”

1862 dibaca
Brigjen TNI (Purn.) Junias L. Tobing. Visioner dan intelektual.

beritanarwastu.com. Pada 12 sampai 18 September 2016 mendatang, Sinode HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) sebagai gereja terbesar di Indonesia, dan di Asia, akan mengadakan Sinode Godang (semacam kongres atau munas) untuk memilih Ephorus dan Sekjen HKBP baru di Seminari Sipoholon, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Saat ini HKBP masih dipimpin Ephorus dan Sekjen, Pdt. WTP Simarmata, M.A. dan Pdt. Mori Sihombing, M.Th.

Berbicara soal kepemimpinan di gereja besar ini, pakar kepemimpinan dan intelektual terkemuka, Brigjen TNI (Purn.) Junias L. Tobing menerangkan, “Saya memang bukan anggota jemaat HKBP. Tapi saya cermati perjalanan kepemimpinan di HKBP, dan saya banyak baca buku-buku tentang HKBP. Gereja ini memang telah melakukan banyak hal untuk meneguhkan iman jemaatnya. Dan itu penting agar Firman Allah terus dihayati dan diresapi jemaat HKBP.”

Hanya saja, berbicara soal kepemimpinan, menurut mantan Kepala Pusat Kajian Strategi TNI, ini Sinode HKBP sekarang membutuhkan great leader, bukan good leader. “Great leader adalah figur yang mampu memotivasi pengikutnya atau anggotanya agar mengubah pola pikir dan perilaku untuk sebuah tujuan besar. Beda dengan good leader, yang hanya ingin mencapai hasil sesuai dengan waktunya saat memimpin. Kalau waktunya menjabat lima tahun, maka hanya dalam lima tahun itu ia memimpin dan tak menyiapkan kader. Kalau great leader akan terus memotivasi, menyiapkan kader-kader pemimpin handal dan memberikan pemikiran-pemikiran bagi orang di sekitarnya,” ujar jenderal purnawirawan bintang satu yang dikenal cerdas dan vokal, serta pernah tugas belajar ke Amerika Serikat dan Inggris ini.

Pria yang kerap berbicara di forum-forum diskusi nasional dan anggota Pengkajian Strategis Ikatan Alumni LEMHANNAS ini menambahkan, figur great leader akan dikenang banyak orang karena pemikiran-pemikiran dan karyanya yang mengubah kehidupan. “Pak Jenderal Soerdirman dan Pak T.B. Simatupang adalah pemimpin yang termasuk great leader. Demikian juga di HKBP, Ephorus HKBP mendatang harus yang visioner, menyiapkan kader-kader terbaik, mampu memotivasi, mampu membuat gereja itu berdampak positif dan mampu memberdayakan jemaat untuk berbuat sesuatu di tengah masyarakat,” pungkas Ketua Dewan Pakar Himpunan Pengusaha Profesional Kristen (HIPPKI) ini. HT  

Berita Terkait