Tetaplah Pandang Pada Yesus

• Oleh : Pdt. Dr. Ir. Tjepy Jones B. 126 dibaca
Penulis adalah Gembala Sidang dari Cibubur City Blessing, Cibubur, Jakarta Timur.

Beritanarwastu.com. Ibrani 13:7-8, ”Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan Firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka. Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

  Di hari-hari terakhir ini, banyak sekali terjadi hal-hal yang mungkin dapat mengganggu pengharapan kita di dalam Tuhan, misalnya, dengan kehebohan yang terjadi di bidang politik. Kemudian di bidang ekonomi, dan Pemerintah sedang berusaha untuk menaikkan tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia. Belum lagi permasalahan keamanan dan kenyamanan kita untuk hidup di negara ini, yang merindukan kedamaian dan jauh dari tekanan dan teror, yang bisa terjadi setiap saat. Alkitab juga sudah mengatakan, di dunia ini kita akan selalu menghadapi pencobaan, tetapi Tuhan Yesus berkata bahwa Dia sudah mengalahkan pencobaan itu (Yohanes 16:33).

           Dan kitapun akan juga mengalahkan setiap pencobaan itu kalau kita memiliki imanNya, karena imanNya akan menjadi iman kita kalau kita percaya sama dengan apa yang Yesus percaya seperti tertulis di Galatia 2:20 versi King James, ”...I live by the Faith of the Son of God...,”  itu artinya kita berpegang kepada perkataan Yesus. Dan perkataan Yesus ini akan menjadi iman kita yang akan membawa kita kepada kemenangan demi kemenangan  (1 Yohanes 5:4).

        Allah juga tidak tinggal diam di dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain FirmanNya yang selalu siap memberi kita kekuatan dan penghiburan setiap saat, Dia pun memberikan kepada kita contoh dari kehidupan hamba-hambaNya dan anak-anak Tuhan yang selalu mengandalkan Tuhan, sehingga bisa memotivasi kita untuk tetap menaruh segenap pengharapan kita hanya kepadaNya (1 Petrus 1:13). Tuhan Allah bahkan memberikan kepada setiap jemaatNya lima jabatan, yaitu rasul, nabi, penginjil, para gembala, dan pengajar guna memperlengkapi jemaat Tuhan bagi pembangunan Tubuh Kristus dan kepada pengenalan yang sempurna akan Yesus Kristus serta dapat mencapai kesatuan iman (Efesus 4:11-13).

         Tetapi kunci semuanya ada di iman kita, yang adalah pemberian Allah sebagai anugerah, karena kita percaya kepada FirmanNya, Roma 3:22, “yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya...” Mengapa iman? Karena hanya oleh iman kita dapat berkenan kepada Allah (Ibrani 11:6), dan iman itu hanya akan datang oleh pendengaran kita akan Firman Allah (Roma 10:17). Itu sebabnya, Firman Tuhan mengajarkan kita untuk melihat kepada iman dari pemimpin-pemimpin kita, yaitu apakah yang mereka percaya sama dengan Firman Allah, sebab Tuhan Yesus yang adalah sumber iman itu tetap sama kemarin, hari ini dan sampai selamanya.

      Manusia dapat berubah, para pemimpin iman kitapun dapat berubah, tetapi Tuhan Yesus tidak akan berubah dengan segala yang difirmankannNya. 2 Korintus 13:5, “Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji.

        Pilihan ada di setiap kita, apakah kita memilih untuk memandang kepada fakta yang sering kali mengecewakan atau kepada Firman Allah yang tidak pernah mengecewakan,  2 Korintus 4:18, “Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.” Jadi pandanglah hanya kepada Yesus, yaitu Firman hidup yang akan membawa segenap kehidupan kita menjadi seperti apa yang tertulis di dalamNya, karena itulah satu-satunya sumber kekuatan kita. Amin

Berita Terkait