Waspadai, Gigi Keropos Rentan Menjalar ke Jantung

853 dibaca


Beritanarwastu.com. Perlu diketahui bahwa hampir semua masalah gigi disebabkan oleh pengeroposan. Proses pengeroposan disebabkan mulut dalam kondisi asam. Penyebabnya antara lain, rokok dan makanan atau minuman tertentu. Hanya saja, pengeroposan gigi bisa dicegah. Caranya, antara lain dengan banyak makan makanan yang memicu keluarnya saliva atau air ludah lebih banyak. Seperti buah dan sayur-sayuran, dan menghindari makanan dan minuman yang manis.

Gigi yang keropos terutama pada anak-anak, tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi juga di belahan dunia lain. Dan diperkirakan sekitar 48 persen anak-anak di bawah usia empat tahun, giginya sudah keropos. Menurut drg. Rosa Rai Djalal, di Indonesia angka pastinya belum ada, tapi tidak terlalu jauh. Hal itu disampaikannya saat menjadi pembicara pada peluncuran sebuah pasta gigi di Jakarta baru-baru ini.

Menurutnya, pengeroposan gigi lebih kecil terjadi pada anak-anak yang tinggal di pedesaan. “Di pedesaan, mereka lebih banyak makan sayur dan buah yang bisa membersihkan gigi, karena mengeluarkan saliva yang lebih banyak. Sementara anak di kota, lebih banyak makan makanan yang mengandung gula lebih tinggi,” kata istri dari Dino Patti Djalal, Juru Bicara Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Meski demikian, bukan berarti kesehatan gigi anak yang tinggal di pedesaan lebih bagus. “Kendati makanan yang dikonsumsi lebih sehat, perhatian akan pentingnya kebersihan gigi kurang. Akibatnya, kesehatan gusinya terganggu,” terangnya. Penyebab pengeroposan gigi pada anak di perkotaan, imbuhnya, juga disebabkan oleh kebiasaan minum susu formula. “Susu banyak kalsium tapi juga gula. Seharusnya setiap minum susu diakhiri dengan minum air putih untuk menetralisir kandungan asam di susu. Tapi kebiasaan minum air putih sehabis minum susu masih kurang,” katanya.

Dia menambahkan, supaya terhindar dari penyakit gusi dan pengeroposan gigi, perlu pendidikan kesehatan gigi sejak usia pra TK sampai SD. Selain itu, perlu menjaga kesehatan gigi terutama saat ibu sedang hamil. Membersihkan gigi sejak anak berusia enam bulan dengan menggunakan kain kasa steril dan air hangat. Juga rutin menggosok gigi secara teratur dan benar. Gigi keropos bisa berdampak infeksi gigi dan merusak syaraf. Pun infeksi gigi bisa merusak organ tubuh yang lain, seperti jantung.

Rosa pun mengingatkan, saat hamil, seorang ibu harus memperhatikan makanan untuk tumbuh tulang dan gigi. Terutama mengkonsumsi makanan yang mengandung fosfor, fluor, dan kalsium. Untuk mendapatkan gigi anak yang sehat harus dimulai saat masih dalam kandungan. US/NU     

Berita Terkait